Bismillahir rahmaanir rahim

وَأَقِيمُوا الصَّلاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ
Artinya: “Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.” (QS.Al Baqarah(2) : 43).


Sholat merupakan ibadah bagi setiap muslim, yang di perintahkan langsung oleh Allah Subhannahu Wa Ta'ala sebagaimana yang tertera pada sepenggalan ayat diatas serta banyak lagi ayat-ayat lainnya yang menerangkan betapa pentingnya sholat.

Meski begitu, tidak sedikit orang yang merasa malas untuk mengerjakannya. Itulah kenapa banyak orang yang mengaku Islam, tetapi tidak sholat.

Bahkan orang yang sudah biasa sholat pun terkadang masih terserang rasa malas. Padahal sholat adalah suatu kewajiban yang paling utama yang harus dikerjakan oleh seorang muslim.

Lalu bagaimana caranya mengatasi rasa malas itu? 

Di bawah ini ada beberapa tips untuk menghilangkan rasa malas tersebut yang mungkin akan bermanfaat untuk kita semua :


1. Bergegas Menyambut Datangnya Waktu Sholat Dan Segera Berwudhu.

Bersiap-siaplah mengambil wudhu sebelum adzan terdengar. Setidaknya, begitu adzan berkumandang lakukanlah wudhu sesegera mungkin.


2. Jangan Menunda.

Janganlah sesekali menunda untuk segera shalat setelah adzan berkumandang. Semakin lama menunda, maka akan semakin merasa malas. Itu adalah tipu daya syaitan.


3. Ingat Mati.

Selalu ingat bahwa malaikat Izrail bisa datang kapanpun untuk mencabut nyawa kita, dan mati tidak akan menunggu kita sampai bertobat terlebih dahulu.


4. Takut Akan Azab Allah.

Pikirkanlah segala azab yang akan diberikan oleh Allah Subhannahu wa ta'ala jika kita meninggalkan sholat. Dengan takut kepada azab Allah, InsyaAllah kita tidak akan mau menyiakan waktu sholat.


5. Mengenal Sifat Allah.

Kenali sifat-sifat Allah karena dengan mengenal sifat-sifat Allah, manusia akan dapat merasakan kehadiran-Nya dan tumbuh rasa cinta terhadap Allah. Dengan ini manusia akan turut setiap perintah Allah dan tidak akan menunda sholatnya. InsyaAllah.


6. Sholat Adalah Utama.

Ingat bahwa sholat itu sangat penting dalam hidup kita. Hidupmu adalah cerminan dari sholatmu. Maka sholatlah dibelakang imam sebelum kamu disholatkan didepan imam.


7. Merenungkan Dosa.

Ingatlah selalu dosa-dosa yang pernah kita lakukan. Sebagai manusia kita tidak lepas dari melakukan dosa, dan waktu sholat itu adalah waktu yang tepat untuk memohon ampun kepada Allah Subhannahu Wa Ta'ala atas segala dosa


8. Berjama'ah Di Masjid.

Usahakan sholat di masjid. Disamping dapat pahala berjama'ah, dengan bersama-sama sholat tidak akan terasa berat.


9. Berjama'ah Di Rumah.

Jika tidak di masjid, usahakan shalat berjamaah bersama anggota keluarga.


10. Makan Dan Minum Secukupnya.

Jangan makan dan minum terlalu banyak karena bila perut terlalu kenyang akan membuat kita berat dan mengantuk, dengan begitu kita akan melalaikan sholat.


Itulah beberapa cara untuk mengatasi rasa malas mengerjakan sholat. Selain itu, ingatlah juga bahwa perintah sholat itu langsung diberikan oleh Allah kepada Nabi Muhammad ketika beliau Mi’raj. Jadi, begitu penting dan wajib serta istimewanya ibadah sholat bagi kita selaku Umat Muslim.

Mari kita menjaga sholat, semoga istiqamah.

Post a Comment Blogger

 
Top